Minggu, 25 April 2010

Lima Ribu Anak Ikut Sikat Gigi Masal


TEMPO Interaktif, Kupang - Sebanyak lima ribu anak usia dini di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti sikat gigi masal, Ahad (25/4).

Kegiatan sikat gigi masal yang diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kupang ini difokuskan di kantor Camat Kupang Tengah.

Ketua PDGI Cabang Kupang, Drg Donny mengatakan, aksi sikat gigi masal ini, bertujuan untuk meningkatkan kesehatan gigi pada anak sejak usia dini dan mensosialisasikan cara menyikat gigi yang baik dan benar. "Kegiatan ini digelar untuk mengurangi tingginya tingkat kerusakan gigi anak," katanya.

Kegiatan ini, menurut dia, terinspirasi karena tingginya tingkat kerusakan gigi pada anak usia dini di NTT. Dia berharap kegiatan sikat gigi masal ini dapat menimimalisir tingkat kerusakan gigi pada anak di Nusa Tenggara Timur.

Karena itu, ia meminta kerjasama semua pihak terutama orang tua agar terus mendorong anak agar rajin menyikat gigi setiap hari. "Kita berharap kegiatan seperti ini akan menekan tingkat kerusakan gigi pada anak NTT," katanya.

Sementara itu, Angel dan Kumalasari, anak yang mengikuti kegiatan sikat gigi masal itu mengatakan, setiap harinya mereka biasa menyikat gigi sebanyak dua kali, yakni pagi dan malam. "Guru kami ajarkan harus sikat gigi dua kali agar tidak rusak," kata Angel.

Namun, keduanya tidak mengetahui cara menyikat gigi yang baik dan benar, seperti yang diajarkan oleh Drg Donny. Walau begitu keduanya mengaku tidak pernah mengeluh sakit gigi. "Kita tidak pernah sakit gigi, karena sering gosok gigi," kata Kumalasari. YOHANES SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar