Jumat, 02 April 2010

Ribuan Peziarah Ikut Prosesi Laut di Larantuka


TEMPO Interaktif, Kupang - Sedikitnya 10 ribu umat Katolik dari seluruh Indonesia dan mancanegara siang ini mengikuti prosesi laut di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Prosesi sudah berusia 500 tahun sejak masa penjajahan Portugis yang digelar sebagai bagian dari rangkaian perayaan Paskah.

Ikut dalam upacara prosesi laut itu adalah Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Perdana Menteri Portugal Carlos Manuel Leiyau Frota serta Gubernur NTT Frans Lebu Raya. "Siang ini, tepatnya pukul 12.00 Wita, digelar prosesi laut untuk mengantar Tuan Ma (Maria, Bunda Yesus) dan Tuan Ana (Yesus Kristus)," kata Fin Diaz, warga lokal yang dihubungi dari Kupang, Jumat (2/4).

Upacara prosesi Jumat Agung di Kota Larantuka berpusat di dua tempat, Kapela Lohayong atau Kapela Tuan Ma dan Kapela Pohon Sirih atau Kapela Tuan Ana. Keduanya berada di Jalan Yos Sudarso, membujur dari selatan ke utara menuju pusat kota Larantuka.

Di kedua kapela ini dilakukan upacara "Muda Tuan" di mana pengurus kapela membuka pintu. Prosesi Tuan Ma dan Tuan Ana akan dilakukan dua kali, melalui laut pada siang ini, dan darat pada sekitar Pukul 19.00 Wita setelah dilaksanakan misa Jumat Agung di Gereja Katedral. "Kedua patung tersebut akan diarak keliling Kota Larantuka, sebelum dihantar kembali ke kapela masing-masing," kata Fin.

Dibandinkan tahun sebelumnya, prosesi hari ini diyakini akan memakan waktu lebih lama karena jumlah peziarah lebih banyak.

YOHANES SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar