Kamis, 18 Maret 2010

68 Imigran Gelap Afghanistan Dievakuasi dari Raijua

TEMPO Interaktif, Kupang - Sebanyak 68 imigran gelap asal Afghanistan dan dua orang Anak Buah Kapal (ABK) perahu kayu yang mengangkut imigran dievakuasi dari Pulau Raijua, Kabupaten Sabu Raijua menuju Kupang.

"Imigran gelap tersebut diberangkatkan dari Pulau Raijua pukul 10.00 Wita dan tiba di dermaga Pol Air Bolok, Kupang sekitar pukul 17.30 Wita,' kata Direktur Polisi Air Polda NTT, Komisaris Besar Amir Racham Lubis yang dihubungi di Kupang, hari ini.

Menurut dia, setelah tiba di Kupang, para imigran tersebut diserahkan ke pihak Imigrasi untuk selanjutnya ditampung di rumah tahanan imigrasi (Detensi) Kupang.

Imigran gelap yang seluruhnya laki-laki tersebut, sempat diamankan di Pos polisi (Pospol) Raijua. Sedangkan, dua ABK kapal kayu yang kabur telah ditangkap dan turut serta dievakuasi ke Kupang.

Setelah mendapat informasi terdamparnya sebanyak 68 imigran gelap di Desa Kolorae, Pulau Raijua, Pol Air langsung menerjunkan tim menjemput para imigran tersebut.

Selasa (16/3), ebanyak 68 imigran asal Afghanistan, terdampar di Pulau Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, setelah perahu yang ditumpangi mereka dihantam gelombang dan kehabisan bahan bakar saat berlayar menuju Australia.

Sebelumnya, pada 13 Januari lalu sebanyak 55 imigran asal Afghanistan dan Turki juga terdampar di daerah tersebut, ketika hendak mencari suaka ke Australia. YOHANES SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar