Jumat, 26 Maret 2010

Kupang Butuh 700 Kantong Darah


TEMPO Interaktif, Kupang - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Nusa Tenggara Timur (NTT), Guido Fulbertus mengatakan, kebutuhan darah untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit di Kota Kupang dalam sebulan mencapai 700 kantong darah. "Kita butuh 700 kantong darah setiap bulannya yang disuplai ke rumah sakit di Kota Kupang," kata Ketua PMI, Gudio Fulbertus di Kupang, Jumat (26/3).

Menurut dia, darah yang didapat dari hasil pendonoran setiap bulannya akan disuplai ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Johanes Kupang, rumah sakit Wirasakti, Bayangkara dan sejumlah rumah sakit kecil lainnya.

Diakuinya, kebutuhan darah ini terkadang tidak bisa dipenuhi oleh PMI, karena kurangnya minat dan kesadaran masyarakat untuk mendonor darah setiap bulannya. "Terkadang setiap bulan mencapai 700 kantong, tapi kadang kurang," katanya.

Ia heran dengan jumlah masyarakat 300 lebih jiwa ini masih kurang sadar untuk mendonorkan darahnya guna membantu saudara-saudara yang sedang sakit dan membutuhkan darah. "Saya berharap masyarakat mau melakukan donor darah setiap bulannya," katanya.

Untuk meningkatkan kesadaran itu, lanjutnya, maka Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla akan berkunjung ke Kupang, NTT dalam rangka konsolidasi organisasi PMI, sekaligus mengajak masyarakat Kupang untuk terus melakukan donor darah. "Besok, Sabtu (27/3) Jusuf Kalla akan berkunjung ke Kupang sebagai ketua PMI," katanya.

Menurut dia, Jusuf Kalla tidak melakukan kegiatan donor darah di NTT, namun hanya mengunjungi kantor PMI NTT dan memberikan pembekalan kepada relawan PMI di NTT. "Tidak ada kegiatan donor darah dalam kunjungan ketua PMI ini," katanya.

YOHANES SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar