Senin, 22 Maret 2010

Kupang Bangun Terminal Bus Internasional


TEMPO Interaktif, Kupang - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan membangun Terminal Bus Internasional di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima. Lahan seluas 3,5 hektare sudah disiapkan.

“Diharapkan bus dari dan ke Timor Leste dapat menyinggahi terminal tersebut," kata Walikota Kupang, Daniel Adoe, Selasa (23/3). Dia mengatakan akan menemui Menteri Perhubungan dalam waktu dekat untuk menyampaikan rencana pembangunan terminal antarnegara tersebut.

Kupang sudah memiliki sebuah terminal bus antarkota dalam provinsi dan sebuah terminal dalam kota. Satu terminal bus antarnegara dipandang perlu karena banyak bus yang melayani rute Kupang-Dili, ibu kota Timor Leste.

Selama ini bus-bus antarnegara tersebut berada di pangkalan pribadi atau harus keliling kota untuk menjemput penumpang. "Bus-bus antarnegara harus miliki terminal agar tidak sesuka hati mencari penumpang dalam kota," kata Daniel.

Selain melayani kebutuhan masyarakat, keberadaan terminal internasional, Daniel mengatakan, juga terkait dengan upaya membangun citra daerah terhadap para pendatang dari Timor Leste. Memang sudah ada terminal bus antarnegara di Motain, Kabupaten Belu, di dekat perbatasan, tapi Daniel menekankan kalau sebagian besar penumpang dari dan ke Dili menyinggahi Kupang, ibukota provinsi.

YOHANES SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar